Sistem Informasi Bab IV - Pejuang 29

Sidebar Ads

test banner

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Kamis, 02 November 2017

Sistem Informasi Bab IV

BAB IV
ANALISIS SISTEM
Langkah-langkahnya :
1.     Identify : mengidentifikasi masalah
2.    Understand : memahami kerja dari sistem yang ada
3.    Analyze : menganalisis sistem
4.    Report : membuat laporan hasil analisis

1.     Mengidentifikasi Masalah
Ada tiga langkah yang harus dilakukan di dalam tahapan ini yaitu :
a.    Mengidentifikasi Penyebab Masalah
Pada tahap ini kita harus dapat mengetahui apa yang menyebabkan masalah terjadi. Misal terjadi penurunan omzet penjualan karena banyak konsumen yang komplain terhadap divisi penjualan tersebut
b.    Mengidentifikasi Titik Keputusan
Setelah penyebab terjadinya masalah dapat ditentukan, selanjutnya juga harus ditentukan titik keputusan penyebab masalah tersebut.
Contoh : penyebab masalah konsumen komplain karena pelayanan yang kurang baik terhadap konsumen. Titik keputusan yang mengakibatkan terjadinya sebab masalah ini adalah penanganan order langganan dibagian order penjualan yang kurang baik kepada pelanggan
c.    Mengidentifikasi Personil-Personil Kunci
Setelah titik-titik keputusan penyebab masalah dapat diidentifikasi beserta lokasi terjadinya, maka selanjutnya yang perlu diidentifikasi adalah personil-personil kunci baik yang langsung maupun tidak langsung dapat menyebabkan terjadinya masalah tersebut
2.    Memahami Kerja dari Sistem yang Ada
Dapat dilakukan dengan mempelajari secara terinci bagaimana sistem yang ada beroperasi. Untuk mempelajari operasi dari sistem ini diperlukan data yang dapat diperoleh dengan cara melakukan penelitian:
1.     Menentukan jenis penelitian
2.    Merencanakan jadwal penelitian
3.    Membuat penugasan penelitian
4.    Menbuat agenda wawancara
5.    Mengumpulkan hasil penelitian
3.    Menganalisis Hasil Penelitian
Langkah ini dilakukan berdasarkan data yang telah diperoleh dari hasil penelitian yang telah dilakukan. Kita dapat menganalisis:
1.     Kelemahan dari sistem lama tersebut
2.    Kebutuhan informasi bagi pemakai sistem dan pihak manajemen
4.    Membuat laporan Hasil Analisis
Isinya adalah :
1.     Alasan melakukan analisis sistem
2.    Menguraikan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada sistem lama
3.    Mengidentifikasi penyebab masalah
4.    Mengidentifikasi titik keputusan
5.    Menguraikan penelitian yang dilakukan
6.    Menguraikan hasil analisis

7.    Kesimpulan analisis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here